PEWARISAN (INHERITANCE)

Pemrograman berorientasi objek merupakan suatu teknik atau cara berfikir untuk merancang aplikasi yang dapat membantu memecahkan persoalan mengenai pengembangan perangkat lunak. Teknik atau metode pemrograman berorientasi objek didasari oleh class dan objek. Jika diibaratkan class adalah sebuah cetakan sedangkan objek adalah hasil dari cetaan tersebut.

Class digunakan untuk membuat objek, dan berperan sebagai tipe data dari objek. Class merupakan sarana pengkapsulan kumpulan data dan kumpulan method yang mengoperasikan kumpulan data tersebut. Pengkapsulan adalah mengkombinasian suatu struktur dengan fungsi yang memanipulasinya untuk membentuk tipe data baru.

Suatu class dapat diciptakan berdasarkan class lain. Class baru ini mempunyai sifat-sifat yang sama dengan class pembentunya, ditambah sifat-sifat khusus lainnya, inilah yang disebut konsep pewarisan. Dengan pewarisan kita dapat menciptakan class baru yang mempunyai sifat sama dengan class induknya tanpa menulis ulang bagian-bagian yang sama. Pewarisan merupakan unsur penting dalam pemrograman berorientasi objek dan merupakan blok bangunan dasar pertama penggunaan kode ulang (code reuse).

Sifat pewarisan ini menyebabkan class-class dalam pemrograman berorientasi objek membentuk hirarki class mulai dari class dasar, class turunan pertama, class turunan kedua dan seterusnya. Sebagai gambaran misalnya ada hiararki class unggas.


Sebagai class dasar adalah Unggas. Salah satu sifat Unggas adalah bertelur dan bersayap. Class turunan pertama adalah Ayam, Burung dan Bebek. Tiga class turunan ini mewarisi sifat class dasar Unggas yaitu bertelur dan bersayap. Selain mewarisi sifat class dasar , masing-masing class turunan mempunyai sifat khusus, seperti Ayam berkokok, Burung terbang dan Bebek berenang. Class Ayam punya class turunan yaitu Ayam Kampung dan Ayam Hutan. Dua class ini mewarisi sifat class Ayam yang berkokok. Tetapi dua class juga punya sifat yang berbeda, yaitu : Ayam Kampung berkokok panjang halus sedangkan Ayam Hutan berkokok pendek dan kasar:

Contoh aplikasi dengan Java, terdapat sebuah class Persegi panjang mempunyai atribut Panjang dan Lebar. Dalam class persegi panjang terdapat methode untuk menghitung Keliling dan Luas dengan rumus Keliling = Panjang x Lebar x 2 dan rumus Luas = Panjang x Lebar. Class turunannya adalah Balok yang mewarisi atribut Panjang dan Lebar. Selain mewarisi sifat class dasar, class Balok mempunyai atribut yang berbeda yaitu Tinggi. Methode dalam class Balok adalah menghitung Volume, dengan rumus Volume = Panjang x Lebar x Tinggi atau Volume = Luas x Tinggi dimana Luas adalah turunan dari class Persegi panjang. Berikut contoh source code dalam java dan output programnya.
  • File PersegiPanjang.java

class persegipanjang{

int kel = 0;
int lu = 0;

//method

void keliling(int panjang, int lebar){

kel = lebar * panjang * 2;

System.out.println("DATA PERSEGI PANJANG");
System.out.println("Panjang : " + panjang);
System.out.println("Lebar : " + lebar);
System.out.println(" ");
System.out.println("Rumus Keliling : panjang x lebar x 2");
System.out.println("Keliling : " + kel + " dari " + "(" + panjang + " * " + lebar + " * " + " 2" + ")");
System.out.println(" ");

}

void luas(int panjang, int lebar){

lu = lebar * panjang;

System.out.println("Rumus Luas : panjang x lebar");
System.out.println("Luas : " + lu + " dari " + "(" + panjang + " * " + lebar + ")");
System.out.println(" ");

}

}

  • File hitungPersegiPanjang.java

class balok extends persegipanjang{

int volume;

public void volume(int tinggi){volume = lu * tinggi;

System.out.println("Rumus Volume: luas x tinggi")

System.out.println("Volume : " + volume + " dari " + "(" + lu + " * " + tinggi + ")");

}

}

class hitungpersegipanjang{


public static void main (String[] args){

//membuat objek

balok persegipj = new balok();

//memanggil methode di objek

//persegipj.keliling(10,2);

persegipj.keliling(10,5);
persegipj.luas(10,5);
persegipj.volume(7);

}

}

  • Output program


--Selamat Belajar--

0 komentar: